Wahai Ramadhan

Wahai Ramadhan, engkau datang untuk menyampaikan kepada Mata agar berpuasa dari melihat sesuatu hal yang haram sebelum Allah swt murka. Dan engkau juga berkata agar mata berpuasa dari memandang yang haram dan memerintahkanya untuk menagis di tengah kegelapan malam.
Ramadhan, engkau juga berkata kepada lisan “Berpuasalah dari Ghibah yaitu membicarakan orang lain, begitu juga dari perkataan cabul, jorok dan kotor serta senda gurau".

Dengan Lisan mu, Jangan sebut rahasia orang lain, karena setiap manusia juga punya rahasia, sedang manusia punya lidah. Dan jagalah matamu! Jika ia memperlihatkan kepadamu aib suatu kaum, maka katakanlah bahwa orang lain juga punya mata.

Wahai Ramadhan, engkau datang untuk berucap kepada tangan, “Wahai tangan, jagalah dirimu untuk tidak menumpahkan darah bagi jiwa jiwa yang tidak bersalah dan jangan menghancurkan rumah rumah diatas penindasan terhadap manusia manusia.

Wahai Tangan, berpuasalah dari memumukul, mencuri dan korupsi, berpuasalah dari perbuatan suap menyuap, sebelum datang suatu hari nanti yakni hari dimana tidak bermanfaat lagi alasan yang dikemukakan oleh orang orang Zalim, bagi mereka laknat dan tempat kembali yang buruk.

Wahai Ramadhan, engkau datang untuk menyampaikan kapada kaki agar berpuasalah dari berjalan menuju yang haram, juga berpuasa dari berjalan menuju tempat tempat maksiat lagi sesat dan dari perjalanan pulang pergi dalam kemungkaran Rabb azawajalla. Dan dari jalan jalan yang tercela, rendah serta hina!

Engkau datang wahai Ramadhan, untuk berkata kepada perut agar berpuasa dari memakan barang yang haram, karena neraka lebih pantas bagi badan yang diberi makanan yang haram.
Wahai Perut Berpuasalah dari memakan dari yang haram dan hasil penipuan, sebelum engkau bertemu Allah yang maha mengetahui segala rahasia dan apa yang tersembunyi.

Semoga dengan Ramadhan ini Amal dan Ibadah kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Puasa Ramadhan menurut Ayat Qur’an dan Hadits

Agar Badan Bugar Selalu Sepanjang Ramadhan.